apa salah daun ya ?

Sabtu, 07 September 2013

2 hari yang lalu gw jaga sore sama mba eni. mba eni keliatan agak loyo. dia emang abis sakit kemaren-kemarennya, jadi hari ini dia juga keliatan pusat, lesu, galau. (eh yang terakhir itu mah buat gw, hahaha).

"mba en, kamu pucet. udah makan belom ? kamu bawa makan apa ?"

"aku ga bawa makan des. tapi aku mau masak"

gw kira gw salah denger, gw tanya lagi "apaan ?"

"aku mau masak"

"masak ? lah pake apa ?"

gw mikir, secara di apotek kagak ada kompor api. adanya kompor listrik. trus mba eni ke loker, ga lama masuk ke dalem sambil bawa bungkusan. yang pasti gw liat ada daon di dalem bungkusan itu.

"tadaa" sambil memamerkan bungkusan yang dia bawa.

"lah beneran mau masak mba ? dimana ?"

"ya di kompor itu des" dengan nada meyakinkan

"emang bisa ?"

"bisa dong. aku kan cuma mau masak sayur bayem"

gw diem sebentar. ceritanya gw masih takjub mba eni mau masak sayur bayem. beberapa saat kemudian, gw ke dalem, ngeliat mba eni lagi nyuci daun bayem di wastafel. trus nyiapin bawang merah, tomat sama daun bayem itu sendiri. ga lupa masak air buat kuahnya. gw ngeliatin sambil nyengir-nyengir.

"buset, niat amat mba mau masak. hahaha"

"hahaha. abis aku lagi pengen makan bayem. kalo masak dari pagi kan ga bagus des. ntar beracun bayemnya"

"oh, bisa bisa bisa., hahaha"

mba eni sibuk silat sama kompor listrik, gw ke depan, ngelayanin beberapa pasien. gw ke dalem lagi, ngecek acara masak-masakannya mba eni. dia baru masukin bawang merah ke air yang udah mendidih. mulai kecium wangi-wangi kuah gitu. 

"wiih, harum euy. icip icip dong"

"ni cobain kuahnya" sambil nyendokin kuahnya.

"lumayan, lumayan. ni kapan masukin daunnya ?"

"nih sebentar lagi"

gw ke depan lagi. beberapa menit kemudian, tercium bau dedaunan. bau daun banget lah pokoknya.

"mba, udah jadi sayurnya ?"

"udah nih, cobain deh des, enak apa enggak"

"bau daun banget mba"

"ah masa sih ? belom mateng kali ya ? ah tapi udah kok"

"mana coba liat. buset kebanyakan daunnya ama kuahnya. hahaha"

"eh iya ya des, bau daun banget. aku baru nyium"

"nah iya mba"

"apa salah daun ya des ?"

gw spontan ketawa "emang lo ngangon daon ape tadi mba ? hahaha."

"hahaha. kali aja des. aku mah bener belinya daun bayem. mana tau salah disananya"

"yakali, ada salah daon, hahaha. ada-ada aja kamu mba en"

akhirnya kita pun makan sayur bayem yang katanya salah daun itu.



0 komentar:

Posting Komentar