hujan :)

Jumat, 30 November 2012

gw suka hujan. bahkan air yang menggenang aja gw suka, asal bening ga butek, hhehe. (tapi lain soal kalo banjir). yaa, intinya sih gw suka maen aer, seru. adem. 

saat hujan, hal yang terlintas di otak gw adalah maen ujan-ujanan. yap, rasanya seru kalo bisa lari di tengah ujan sambil teriak. hahaha. atau sambil ketawa-ketawa tapi harus ada temennya, masa iya ketawa sendirian di tengah ujan.

buat gw menikmati hujan bisa dengan banyak cara. tidur juga salah satu aplikasi kalo kita menikmati hujan. tapi kurang elegan ah, hhehe. yang lebih elegan, nikmatin hujan di depan jendela atau di teras rumah. duduk manis melihat ke arah hujan jatuh. ya, melihat ke langit (masa iya ke paralon rumah). hmm, tapi lebih mirip orang galau sih kalo kaya gitu. memandang hujan dari balik kaca rumah atau kaca mobil juga enak menurut gw. liat tiap tetes hujan yang menyentuh kaca mobil dan meninggalkan kesan buram di sisi lain kaca itu. tapi ngeri juga kalo pas ada petir, lagi sendu-sendu mandangin kaca, tau-tau dipoto sama Allah (*read=geledek).
tapi ya tetep, pas hujan enak tuh tidur, hahaha 

kalo ilmiahnya 
hujan adalah tetesan air dari udara yang jatuh di atas permukaan bumi. proses terbentuknya hujan diawali dengan pembentukan awan. awan itu sendiri terbentuk dari titik-titik uap air dari bumi (misalkan uap air laut) yang berkumpul di udara dan menempel pada media yang bisa ditempeli oleh uap air tersebut dalam ketinggian tertentu di atas permukaan bumi. media yang dapat ditempeli oleh partikel-pertikel uap air tersebut biasanya adalah partikel garam dari lautan, atau asap dari bumi sehingga kumpulan partikel uap air tersebut membentuk gumpalan awan yang besar. awan ini merupakan bibit hujan yang bergerak sesuai dengan arah tiupan angin. awan hangat yang terbentuk dari partikel air dapat menyebabkan terjadinya hujan gerimis. awan hangat ini dapat jatuh ke permukaan bumi karena pengaruh gravitasi dan saat jatuh ke bumi masih berwujud kumpulan partikel air yang kecil. dalam perjalanan jatuh ke bumi, kumpulan partikel air ini ada yang menguap dalam perjalanan sehingga ia tidak sampai ke permukaan bumi, akan tetapi ada juga yang dapat sampai ke permukaan bumi sehingga membentuk hujan gerimis. 

kalo ga ilmiahnya, hujan adalah suatu kondisi dimana ada sesuatu yang jatoh dari langit. kalo yang jatih air, ya hujan air. kalo yang jatuh salju, ya hujan salju. yang jatuh beling, ya hujan beling. *ngeri sumfeh bayanginnya.

oiya, jadi inget obrolan ringan sama temen kampus. waktu itu kita mau ke kantin. kantinnya kebetulan outdoor. jadi kita mesti ngelewatin lapangan dulu buat menuju kantin. siang itu gerimis, malah hampir hujan. langitnya tapi ga terlalu mendung.
temen gw : ujan y ? aduh, cepet ayo
gw           : bukan, bukan ujan. ini ludahnya Allah ka
temen gw : gila, astaghfirullah, hina amat gw sampe diludahin sama Allah
gw           : nah !! ahahaha
dan seketika pada ketawa

dari sudut pandang kesehatan, kehujanan itu kurang baik bagi tubuh kita. beberapa individu bisa langsung sakit setiap habis ujan-ujanan. hal itu terjadi akibat tubuh terpapar suhu dingin yang ga biasa. disertai menurunnya sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah. biasanya air hujan akan membuat suhu tubuh menjadi dingin terutama di bagian kepala. nah, itu yang bikin seseorang jadi sakit. ketika suhu tubuh menjadi dingin, maka otomatis tubuh akan mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi suhu dingin itu. air hujan juga mengandung senyawa asing yang ada di udara yang bersifat asam. karna itu kalo habis kehujanan usahakan langsung membilas rambut untuk menghilangkan senyawa tersebut. makanya ga salah kalo ada orang yang bilang, sampoan dulu gih abis keujanan. itu ternyata alasannya.

so, ujan-ujanan boleh. tapi jangan keseringan. inget kondisi tubuh juga. apalagi kalo emang dasarnya lg ga enak body. ingat, sedia payung sebelum hujan. sedia kekebalan tubuh sebelum ujan-ujanan. hhoho


kucing aja pake payung , :D










dan itulah garis besar mengenai hujan.
tersenyum bagi yang menikmati namun nelangsa bagi yang tak menikmati
mendatangkan tawa bagi yang tubuh yang sehat namun mendatangkan sakit bagi tubuh yang tak sehat 





enaknya ujan -ujanan
tiap tetes air hujan yang membasahi kepala
nah, ini repotnya kalo keujanan

0 komentar:

Posting Komentar