lelaki sekali suaranya

Minggu, 07 April 2013

antara syok, ngeri sama dongkol dengernya. sedih akuh sedih. masa feminin gini dibilang lelaki. yak yang mau nimpuk gw boleh asal pake duit ya. hahaha.

tahun lalu gw sama beberapa temen kampus mengikuti acara seminar tentang kosmetik di Universitas Indonesia (UI). Bukan beberapa sih, tepatnya rombongan.
ngumpul di stasiun Tebet, naek kereta turun di stasiun kampus UI. kita jalan kaki dari stasiun kereta menuju tempat seminar. pas lagi jalan kaki gw ngelewatin pangkalan ojek. mata gw langsung tertuju sama helm tukang ojeknya, keren cing. kuning-kuning mentereng gitu.
emang dasar, mentang-mentang di UI, almamater kuning, bus kuning, bahkan helm tukang ojeknya juga kuning. sejauh mata memandang gw berasa liat gundu kuning nan unyu-unyu bertebaran.

*gw jadi curiga sama temen gw, ka bekti. helm dia juga warna kuning. jangan-jangan dia kerja sambilan jadi tukang ojek di UI. makanya dia suka telat kalo kuliah*

coba di Uhamka ada pangkalan ojek khususnya. gw mau usul, helmnya corak polkadot aja. biar rada gotik-gotik gimana gitu.

sampe lah kita di tekape. ruangan seminarnya ga terlalu besar menurut gw. tapi gatau kenapa hawanya keren aja, secara UI gitu.
susunan bangku di ruangan ini berundak. semacam terasering. tinggal peserta seminarnya bawa cangkul sama bawa bibit tanaman jadi deh kita bercocok tanam.
gw sama temen-temen ambil posisi duduk di bagian atas. bagian bawah udah agak penuh soalnya. liat susunan bangkunya yang kaya terasering ini, gw langsung bergumam

"yah, ga bisa tidur ini mah, pasti keliatan"
(getokin pala pake guling)

acara seminarnya dimulai sekitar jam 10. diprediksi selesai sekitar jam 3.
seperti acara seminar pada umumnya, seminar ini terbagi atas beberapa sesi.
sesi pertama, aman. masih menyimak, ngunyah, nguap dikit.
kemudian mulailah sindrom bosan bercampur  ngantuk menyapa. merem melek, merem melek, merem kemudian melek.
topiknya ga semenarik yang gw bayangkan jadi makin bosen. mungkin kalo yang bawa materi Raditya Dika gw bakal menyimak dengan semangat. hahaha.

tibalah disesi keberapa gitu gw lupa, pokoknya udah siang, jamnya bobo ciang.  sebenernya sih ga ngaruh juga udah siang apa belom, kalo emang dasarnya ngantuk ya ngantuk. mata gw udah mulai sepet. rasanya pengen gw ganjel mata gw biar bisa kebuka. tapi cuma ada lontong di depan gw. masa iya diganjel pake lontong.

di sesi itu moderatornya laki-laki. seorang bapak yang keliatannya usianya jauh di atas gw. gw inget rambutnya agak jarang di bagian ubun-ubunnya dan agak beruban dikit. sebelum mengundang pembicara untuk duduk bergabung dengan moderator, sang bapak mengucapkan salam.

"assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh"

berhubung gw anak yang baik juga menghargai orang lain apalagi yang lebih tua, gw jawab salamnya. dan emang gw termasuk orang yang semangat kalo urusan jawab salam diacara forum kaya gini. suka kasian soalnya, orang ngucapin salam tapi disautinnya dikit. lemes. kaya orang ngantuk. padahal emang ngantuk sih. tapi ya apa salahnya dijawab dulu dengan semangat. abis jawab salam kalo mau merem lagi ya gapapa. (menceritakan diri sendiri)
tapi keputusan yang gw ambil kurang tepat.
dalam satu ruangan itu yang ngucapin salamnya paling semangat dan sampe akhir hanya gw dan temen gw, ka bekti.

peserta seminar yang lain :
"walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh" suara semakin menipis diakhir salam.

gw dan ka bekti :
"walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh" suara bersemangat dari awal sampe akhir salam.

kemudian bapak moderator bilang :
"wah, lelaki sekali suaranya"

gw diem.
"aduh, ngeri amat" ucap gw

bisa dibayangkan, rata-rata peserta seminar nengok ke arah atas, ke arah tempat gw duduk. temen-temen gw yang duduk di barisan gw hanya tertawa. sungguh tertawa ngakak. malah ada yang mukanya merah gara-gara berusaha nahan ketawa. sama nahan kentut kayanya. kalo gw punya stok lontong banyak udah gw sumpelin itu satu-satu biar pada diem.
gw langsung nunduk. ka bekti malah hah heh hah heh aja. nanya ada apaan. suram. kebanyakan merem-melek gw rasa itu anak.

udah lah mana gw pake jilbab dan saat itu kebetulan gw pake baju terusan. cewe banget lah penampilannya. dibilang lelaki. yaolooooh. rasanya gw mau salto kebawah trus salim sama bapak moderator itu.

ada apa dengan suara gw ? katanya suara gw ngebass. gw sih udah tau, secara pas SD gw ditunjuk jadi protokol upacara, temen-temen gw pada bilang kalo suara gw ngebass. ngebass disini masih positif menurut gw. tapi lama kelamaan, menjajaki SMF sampe kuliah sekarang, temen-temen bilang suara gw jadi mengarah ke jantan.
surem.

beberapa data yang mengarahkan pada fakta suara gw jantan (kata mereka)

pengalaman pas absen,
"anissa"
"hadir"
"itu tadi laki-laki apa perempuan ?"

pengalaman pas nerima telepon di apotek,
"selamat siang, ada yang bisa dibantu ?"
 bla bla bla bla, kemudian "makasih mas"
"mas ?"
"eh mba, maaf"
-______________-

temen SD gw, yang udah lama ga ketemu bilang,
"kok suara lw jadi kaya gini sih ?"
berasa gimana gitu suara gw sekarang. (nyender poon toge)

bahkan KTP, KTP aja bisa salah. masa iya jenis kelamin gw laki-laki. padahal nama Anissa, pas potonya pake jilbab. bisa-bisanya itu diketik jenis kelamin laki-laki.
malunya pas ada peralihan KTP biasa jadi E-KTP. setiap warga akan ditanya sama panitia pembuatan E-KTP ini, mengenai ada atau tidaknya kesalahan di KTP lama. jadi untuk mencegah kesalahan yang sama di E-KTP.

"ada yang salah ga mba di KTP yang lama ?"
"ada mas. jenis kelamin" jawab gw dengan datarnya
"apa mba ?" 
"jenis kelamin mas"
panitianya nyengir. gw lebih nyengir lagi.


hiks
bahkan semesta pun ngeledek gw. (drama)
 
eh tapi pernah ada yang bilang suara gw seksi. gatau itu parameternya apa. gw rasa dia langsung ke dokter THT abis ngomong gitu.
merinding juga sih pas denger dibilang kaya gitu. gatau kenapa gw lebih milih dibilang suara jantan daripada suara seksi.

tapi yang pasti, ngebass itu keren. hahahaha.

0 komentar:

Posting Komentar