iya gw ngerti (dalem hati - maksudnya gimana tadi ?)

Kamis, 20 Juni 2013

waktu SMF, gw punya temen deket 2 orang. Ijah sama Tyas. kita bertiga lumayan laah deket.
masing-masing punya karakter beda-beda.

Ijah dengan sikap lembut, sabar, penyeimbang sikap gw, sungguh dia adalah translator gw

Tyas dengan sikap galak, tegas, aktif menyuarakan apa yang ada di benaknya. (beda sama gw, satu-satunya suara yang gw suarakan tanpa ragu adalah suara kentut gw asal itu ga bunyi)

dan terakhir gw, diantara kita gw yang paling beler, paling bralakan, kadang paling lemot juga. tapi paling lucuuuu, hahaha. ga dipungkiri sih, gw yang sering jadi bahan ketawa, bahan ledekan juga. eeeh biar kata gini-gini, gw kalo lagi bijak, beeuuuh mantap beroh.

kalo inget mereka, inget kejadian-kejadian lucu yang dulu kita alamin.

kita mulai deket itu pas kelas 3. nah pas kelas 3 itu, kita lagi sibuk-sibuknya persiapan ujian. ya latian ujian lah, ya pendalaman materi lah, semua-muanya. ampe begah. bahkan pihak sekolah sampe ngadain program tahunan buat anak kelas 3, yaitu jalan-jalan Jawa-Bali. mungkin mereka tau kita bakal prustasi, makanya dikasih seneng-seneng dulu di awal dan ngambang kemudian.

tiap hari latian ujian bikin gw hampir bengek. jenuh. apalagi kita kebanyakan dikasih waktu buat ngerjain soal-soal sendiri. guru mata pelajaran yang bersangkutan cuma dateng beberapa kali dalam seminggu. sisanya, diskusi aja sama temen-temen kalo ada pertanyaan diakumulasi baru deh ntar ditanyain.

pas giliran materi sama guru, beberapa kali gw ga merhatiin gurunya di depan ngasih penjelasan dikarenakan ngantuk, atau juga karna gw ga ngerti. jadi mending gw sudahi nontonnya dan gw nanya ama temen gw. nah disinilah ijah dan tyas berperan. hahahaha.

kalo otak gw udah mulai mandek, gw bakal stop liatin guru, nengok ke sebelah dan gw bilang :

"jah, ntar ajarin ya, ga ngerti gw"

"ih deso, gw juga belom paham banget"

"tanya tyas gih, kayanya dia paham noh"

"yaudah sana nanya"


"lo aja jah, ntar kalo lo udah ngerti kasih tau gw deh, hehe"

"takut lo ya pasti, hahaha. bilangin ah"

"ih bukan gitu, haha. gw lagi lemot nih, ntar dia sewot ngajarin gw ga paham-paham. kalo lo yang sewot gw ga takut jah, hehe"

"trus ntar kalo gw yang diomelin gimana ?"

"ya gapapa jah, kan lo bukan gw, hahaha"

"dasar deso"

kemudian ijah nanya ke tyas, trus ijah ngajarin gw deh. amaaan.

tapi pernah juga gw ketawan sama tyas, kalo sebenernya pas itu gw diajarin masih ga ngerti. tapi gw bilang ngerti takut di kokop ubun-ubun gw. hahaha.
waktu itu lagi kerja kelompok di rumah nung. bareng-bareng sama beberapa anak lain. lebih dari 5 orang lah kira-kira.
gw lagi ngerjain latian soal dan pas stuck. yang ada di deket gw kebetulan tyas. jadi gw nanya sama dia.
perbincangan antara gw dan tyas :

"ini gimana dah maksudnya, nyung ?" (gw biasa manggil dia Nyung)

"gini . . . . . . " (tyas jelasin)
"ngerti ga, kung ?" (dia biasa manggil gw Kangkung)

"iya ngerti" sambil tetep mantengin kertas

"yoda" trus tyas balik ngerjain soal lagi sambil diskusi sama anak lain

gw masih mantengin kertas. "ini gimana tadi ya ? kok bisa jadi gini ?"
mau manggil tyas lagi gw takut. gw ngangkat pala ngadep ke depan.
gw liat ijah. ijah liat gw.
gw nyengir dan langsung mepet ke ijah tanpa sepengetahuan tyas.

"jah, jah, ini gimana sih kok bisa gini ?" sambil nyodorin kertas soal

"loh tadi bukannya udah diajarin tyas ?"

"iya, tapi ga ngerti. coba lo terangin dah"

"kenapa ga nanya lagi ?" sambil ketawa 

"aah, udah lo jelasin aja. serem tyasnya"

akhirnya gw diajarin lagi sama ijah.

ternyata eh ternyata, tyas nyadar kalo gw minta ajarin sama ijah. beberapa hari kemudian ijah cerita kalo tyas ngomong :

"jah, si kangkung tadi minta ajarin lagi ?"

"iya yas"

"dasar, tadi katanya ngerti"

"masih bingung kali yas"


jadi ga enak. abis dikau ceyem ciiiih nyung -_____-


--------------------------------------------------------------------------------------------------

pernah suatu hari, gw lagi ga ada duit. entah ga ada duit atau ga bawa duit, gw lupa. pokonya hari itu kantong gw gembos. tyas sama ijah ngajak gw makan. tapi berhubung gw ga ada duit, gw tolak.

tyas : "ayo makan kung"

gw  : "ga ada duit nyung. lo aja gih pada. gw tunggu di kelas aja"

ijah : "yah deso"

tyas : "mau makan soto kan ya ? bentar"

tyas meghilang dari pandangan. beberapa menit keudian dia balik

tyas : "ayo makan. ayo lo juga nyung. niiiih" sambil memamerkan uang seribuan ada beberapa lembar. gw lupa itu tepatnya berapa rupiah totalnya.

gw  : "eh dapet darimana itu ?"

tyas : "boleh malak, hahaha. 1 orang seribu. lumayan kan"

ijah  : "bisa aja yas, hahaha"

gw  : "buset"

gw cuma nyengir. bagus juga punya temen preman. wkwkwk.

jaman SMF mah udah biasa kaya gitu. udah selow aja bilang "eh seceng dong". pasti dikasih. hahaha. gope kek, seceng kek, udah santai aja lah pokoknya.

lumayan 5 orang dimintain serebu, bisa dapet 1 mangkok soto. wkwk


Tyas - Anissa - Fahliza

0 komentar:

Posting Komentar