pantesan ga bisa, ternyata ini soal taun lalu !!

Jumat, 21 Juni 2013

inget kalkulator, inget Inriyani Agustina, inget Zahra, inget guru matematika pas SMF pak Zamrodji.
inget kesotoy-an, kesongongan gw sama indro (panggilan Inri) saat belajar matematika pas SMF.

gw sama indro sekelas pas kelas 2 SMF, di kelas 2B. ruang kelas 2B itu unyil. di bagian belakang kelas ada deretan loker-loker semua siswa kelas 2B. biasanya kita naro barang-barang yang cukup berat buat dibawa setiap hari, disitu. kaya alat praktek, jas lab, buku-buku (buku aja ditinggal, isi tasnya kerupuk doang kayanya).
kebayang mepetnya kaya apa itu kelas. beda banget sama kelas-kelas yang laen. huhuhu. kelas yang laen mah lebih luas. belajar sambil tiduran juga bisa.
tapi kelas 2B ini paling pewe. AC nya 2, kipas angin 2, semeriwingnya kaya apa itu kelas. lokasi kelas jauh dari ruang guru tapi deket ama warung. mantap lah. hahaha.

hari itu pas pelajaran matematika dan belajar tentang logaritma. sin tan cos dan bla bla bla. hadooh. pusing. kebanyakan angka.
kita dikasih soal-soal buat dikerjain sambil dibahas sama pak Zamrodji. kebiasaan beliau kalo kita lagi latian soal adalah keliling kelas, meriksa anak-anak pada bisa ngerjain apa enggak. keliling di dalem kelas 2B itu ga butuh waktu lama, cuma seencret juga udah selesai semuanya diperiksa. jadi kemungkinan ada anak yang ga kena pantauan pak Zam tuh kecil. makanya gw langsung grasak-grusuk pas tau pak Zam mau keliling.

pak Zam mulai keliling dari sebelah kiri. gw sama indro duduk sebelahan, kita duduk di barisan sebelah kanan tengah. gw sama indro sama-sama ga ngerjain, jadi kita cuma nyoba ngutak-ngutik, ga ketemu yaudeh pasrah, ngobrol deh.  ga lama, ada zahra yang duduk di belakang kita, nanya tentang salah satu soal, gw sama indro cuma bisa bilang gatau sama sambil ketawa-ketawa aja.
beberapa menit kemudian, pak Zam udah mau mendarat di barisan gw. gw sama indro mulai panik. selain belom ngerjain kita juga males kalo tetiba pak Zam jadi jelasin di tempat. akhirnya kita refleks berdiri sambil bilang :

gw : "eh kalkulator gw mana ya ?" 

indro : "di loker, di loker. lupa gw. gw ambil dulu ah"

nah saat pak Zam mendarat di barisan gw, saat itu juga gw sama indro udah mendarat di belakang. gw cuma cekikikan aja beduaan di belakang. giliran pak Zam ke belakang, gw sama indro ngeloyor ke depan, pura-pura diskusi sama anak yang di depan, padahal mah nahan ketawa. zahra ikutan ketawa liat kelakuan kita berdua. bolak-baliknya gw ga begitu disadari sama anak-anak laen karna emang suasana kelas lumayan rame saat itu, ada yang diskusi, ada juga yang ngobrol dan suara pak Zam sendiri juga membahana, jadi pasti kelas udah rame meski cuma sama suara pak Zam doang. hahaha.

pak Zam keliling lagi di barisan lain, gw sama indro balik lagi ke tempat asal. udah tentram sekali hidup kita. tiba-tiba pak Zam dateng dari arah depan atau belakang gitu gw lupa. pokoknya gw sama indro, juga sama zahra ga nyadar akan kedatangan beliau. tau-tau udeh nongol aja macem jin kalkulator.

tring !!!

kaget. kita bertiga refleks langsung pura-pura ngerjain soal. gw sama zahra ga bisa nahan ketawa sambil membenamkan kepala di atas meja sok-sok mantengin soal. cuma indro yang bisa ngeluarin suara secara normal.

"gimana bisa ga ngerjainnya ? apa yang belum ?"

"eh iya pak, ini lagi dikerjain" jawab indro

"ada yang ga bisa ga ?" ucap pak Zam sambil perlahan berlalu

gw sama zaha masih nahan ketawa.

tiba-tiba indro bilang sesuatu :

"pantesan ga bisa-bisa, ternyata ini soal taun lalu !"

gw sama zahra langsung refles ketawa lepas. bisa-bisanya itu anak nyautin kaya gitu. untung pak Zam ga engeh banget jadi ga balik kanan sambil getok kepalanya indro pake kalkulatornya.

indro langsung ketawa.
kita bertiga ketawa.
kalkulatornya untung ga ikut ketawa.


maafkan muridmu ini pak ..
tapi alhamdulillah pak UAN kemaren lolos dengan nilai memuaskan. hehehe

0 komentar:

Posting Komentar