defekasi ~

Selasa, 12 Februari 2013

biar agak kerenan dikit pake judul bahasa medis, defekasi. yaa secara gitu gw kan orang medis, heaaaa ~ 
kata kaka Wikipedia, buang air besar (biasanya disingkat menjadi BAB) atau defekasi atau juga suka disebut pup adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan mahkluk hidup. kamu makhluk hidup kan ? pasti tau BAB, kalo gatau ? balik lagi gih ke perut emak, lahiran ulang biar termasuk makhluk hidup, hhehe, canda ~
manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. Tetapi bahkan dapat mengalami gangguan yaitu hingga hanya beberapa kali saja dalam satu minggu atau dapat berkali-kali dalam satu hari, biasanya gangguan-gangguan tersebut diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak benar dan jika dibiarkan dapat menjadi masalah yang lebih besar.

tuing-tuing-tuing.
normalnya satu kali dalam sehari. hmm, berarti pencernaan gw bermasalah nih (elus-elus perut). gw termasuk salah satu dari beberapa atau mungkin banyak orang yang kalo pup, ga tiap hari. tadinya gw malu buat mengakui ini tapi ternyata temen gw ada yang model begini juga. so, hukum alam. kalo ada yang mengalami hal yang sama dengan kita, kita akan merasa bahwa kita tidak sendirian. you know lah what i mean. hasek. gw pup kadang dua hari sekali. kadang tiga hari sekali. malah kadang gw lupa terakhir pup kapan. suka iri liat nyokap bokap yang tiap pagi pasti 'nabung'. sampe gw mikir itu apa yang dikeluarin ? kok gw ga bisa ngeluarin ? (ini pertanyaan macem apa kaya gini).
kalo kata nyokap dan kata beberapa orang termasuk temen gw yang tadinya anggota 'susah ngeluarin' jadi 'gampang ngeluarin', gw tuh kurang konsumsi air putih. masuk akal sih. kenyataannya gw emang susah buat minum air putih. sehari ga minum air putih aja bisa gw. minumnya pasti es teh manis. mungkin ini salah satu penyebabnya. yaa yaa yaa (peluk teko)

menurut salah satu sumber, ada beberapa penyebab mengapa orang susah pup, antara lain :

Stres 
Faktor psikologis bisa mempengaruhi fungsi sistem sarah secara keseluruhan. Misalnya pada orang stres, saraf-saraf pencernaan bisa terganggu sehingga gerak peristaltik usus tidak berfungsi dengan normal dan akibatnya adalah susah buang air besar.

stres ? hmmm, bisa bisa. gw kalo lagi stres, gamau makan. males makan. berasa laper juga enggak. jadi masuk akal lah kalo susah pup, secara ga ada yang dicerna. eh tapi kalo makannnya spesial, gw mau makan kok, tenang aja. gausah kuatir. (senyum ibu peri)

Tidak kerasan tinggal di satu tempat 
Salah satu mitos mengatakan, tandanya orang kerasan atau betah tinggal di suatu tempat adalah langsung lancar buang air besar di beberapa hari pertama. Kalau susah keluar, itu tandanya tidak kerasan atau merasa tidak nyaman dengan lingkungan barunya.

betul nih, kalo buat orang lain. kalo buat gw, ga ngaruh mau lingkungan baru atau lama. kalo prinsip gw, asalkan itu WC nya jongkok dan bersih serta warnanya terang, fine fine aja mau pup. no problemo. mau kata kebelet kaya apa juga kalo pas sampe WC ternyata ga pewe, dijamin. hasrat gw buat pup akan hilang seketika. kecuali, kalo lagi urgent. misalnya, diare. itu ga bisa ditawar-tawar. akibatnya ? gausah diperjelas disini lah. hahahaha.

oiya, kenapa gw ga suka WC duduk ? pertama agak risih aja kalo mesti duduk gitu. dingin-dingin gimana gitu di kulit. kedua gw takut beroooh. takut ada sesuatu yang muncul dari lobang WC itu dan gw gatau. hiiiii ~

perasaan takut itu muncul setelah gw nonton film tentang anaconda. ada bagian dari film itu tapi gw lupa tempatnya dimana. saat itu semua orang berhamburan karna tau ada ular raksasa disitu. nah, ada seorang wanita lari dan sembunyi di dalam toilet. dia duduk di atas WC duduk. tiba-tiba ada sesuatu yang menarik dia dari arah lobang WC trus dia kesedot deh.
sebenernya sih ini adegan absurd banget. kenapa ? itu dia duduk di atas WC dalam keadaan WC duduknya tertutup. kok bisaaaa itu uler nyaplok dari lobangnya. apa ga kejedot itu muka si uler sama penutup WCnya. tapi yaa berhubung udah melekat di otak dan sanubari gw tetep aja gw takut kalo ntar ngalamin kaya diadegan itu. ih naudzubillah. makanya gw takut sama WC duduk.

kalo ngomongin tentang luar negeri juga gitu. hal pertama yang terbesit saat ngebayangin kalo nanti gw ke luar negeri adalah, apakah disana ada WC jongkok?

Salah makan
Beberapa jenis makanan bisa memicu susah buang air besar jika dikonsumsi berlebihan. Berbagai jenis makanan olahan atau kalengan, goreng-gorengan serta daging merah termasuk jenis makanan yang membuat buang ati besar tidak lancar.
Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya memicu sembelit. Karena itu, hindari kopi dan teh yang terlalu banyak.
kafein ? salah satunya kopi. justru kopi itu salah satu jurus gw buat menciptakan mules. mules pun akan mendatangkan rasa kebelet pup. jadi enggak masuk kategori nih yang ini.

Suka nahan BAB
Sering mengabaikan sinyal-sinyal rasa mulas berarti mengabaikan hasrat naluriah untuk buang air besar. Lama-kelamaan, sinyal itu akan meredup dan siklus alamiah untuk buang air besar jadi terganggu, sehingga butuh rangsangan dari luar untuk membantu melancarkannya lagi. Banyak alasan orang menahan hasrat buang air besar, misalnya karena terlalu sibuk atau karena tidka menemukan tempat yang tepat untuk melaksanakan hajat besarnya.

gw bingiiiiit. secara gw orang sibuk. muehehehehe. kalo ga kepepet, mending gausah. karna senyaman-nyamannya tempat, untuk apapun itu, tentu di rumah. :) oohh, WC rumah gw (memandang kamar mandi dengan sendunya)

Kurang makan serat dan jarang minum air
Sinyal untuk buang air besar berupa rasa mulas muncul ketika perut terasa penuh, sementara konsistensi atau wujud tinja tidak terlalu keras. Sensasi rasa penuh di perut bisa didapat dari makanan berserat, misalnya sayur dan buah, sedangkan kekerasan tinja tergantung dari asupan cairan. Biar buang air besar selalu lancar, biasakan untuk minum tidak kurang dari 8 gelas perhari dan seimbangkan nutrisi dengan makanan kaya serat.

nah !!! yang ini nih. cocok. kurang makan serat dan jarang minum. gw jarang ada di rumah. keseharian gw sebagian besar gw habiskan di kampus dan apotek. minum air putih aja bisa lupa apalagi mikir makanan yang berserat. hmm.. andaikan kertas merupakan salah satu sumber serat terbaik untuk pencernaan, mungkin gw udah menemukan solusi yang praktis untuk mengatasi problem ini (masukin kertas bahan kuliah ke kardus). minum jus juga jarang gw. kalo ini faktor dompet. hahaha.

minum air putih minimal delapan gelas. minum air putih kebanyakan aja gw bisa muntah. suseh emang. tapi ya mau gamau harus dipaksa. harus minum air putih. kasian ginjal gw ntar.

so, banyaklah minum air putih dan makanan berserat
kasian WC nya, eh salah maksudnya percernaannya
:)

0 komentar:

Posting Komentar