like a mosque. oh no, i mean mosquito

Jumat, 15 Februari 2013

hey, how are you everybody ? i hope you always fine. uyeeeeeh. (elap mulut pake tisu)

kalo ketimbang ngomong gitu aja sih cipil buat gw. hasek, agak sombong dikit. tapi kalo udah cas cis cus lebih luas lagi, nyerah gw. mending puasa ngomong. huehuehuehue. yeah, can you speak english ? yes, little-little i can beroh. cus.

sebenernya gw belajar bahasa inggris udah lebih dari enam taun. terhitung dari mulai sekolah masih pake seragam putih merah sampe sekarang kuliah pake baju bebas, alhamdulillah selalu pake baju, teteeeeep aja masih belepotan kalo harus percakapan dalam bahasa inggris. mungkin karna selama ini gw belajar terlalu teoritis, bukan prakteknya. alhasil kalo harus praktek, jadi ga biasa, canggung, takut salah juga. padahal simpel sih modal untuk bisa cas cis cus ngomong bahasa inggris. modal kosakata bahasa inggris yang harus banyak. dari mulai kata kerja satu sampe tiga, kata sifat dan masih banyak lagi. juga modal berani ngomong dan jangan takut salah. sayangnya meskipun gw belajar bahasa inggris udah cukup lama, lama banget malah, ternyata untuk modal yang simpel kaya gitu itu gw cukup kembang kempis buat mempraktekannya. suram.

waktu ada momen jalan-jalan dari sekolah, pas kelas tiga SMF gw ke Jogja-Bali. salah satu kata yang identik dengan Jogya dan Bali adalah bule. (bukan istrinya pa'lek ya.) seharusnya momen ini bisa jadi sarana buat gw mengasah kemampuan percakapan dalam bahasa inggris. tinggal ngomong aja dengan penuh kesotoy-an. kalo bener ya sukur bisa kenalan ama bule. kalo salah ya tinggal melengos. ga kenal ini, ga bakal malu. ahaha. tapi, gw justru ga berhasil. udah di depan bule nya gw cuma nyengir. ya itu tadi, ga berani dan takut salah. dong drong dong dong. 

semasa kuliah sekarang, gw mulai merasakan betapa ga canggihnya bahasa inggris gw. malu juga sih. ga lucu aja mahasiswa ga berani ngomong bahasa inggris. mahasiswa kesehatan pula. yang ibaratnya pengabdiannya ya melayani masyarakat. semua golongan masyarakat. setidaknya gw harus ada pegangan bahasa inggris yang sekarang merupakan bahasa internasional. kan kali aja gw ntar kerja di apotek negeri mana gitu. ahaha. ngarep amat.
masih ga begitu mikir bagaimana jadinya kalo gw harus melayani pasien yang orang bule. masih haha hehe aja bayanginnya. sampe tiba saatnya ada customer beli obat di apotek gw. jeng-jeng.

saat itu gw cuma jaga apotek berdua sama kasir. gw lagi di dalem. mba kasir memanggil.
"des, ada bule itu"
gw pun keluar "idih iya. moga-moga bisa ngomong bahasa indonesia mba, amin. hahaha"
bule itu pun masuk, langsung menyebut satu merk vitamin. gw pun ngambilin vitamin yang dia maksud. "alhamdulillah langsung milih, gih pulang gih om, cepet" gumam gw dalam hati.
ternyata dia tidak mendengar gumaman hati gw, karna abis ngomong itu dia langsung bilang "balsem" sambil berjalan mencari rak obat berisikan berbagai macam balsem. gw pun mengarahkan ke tempat rak balsem. bule itupun memandang rak balsem dan menunjuk dua macam balsem. gw ambilin sambil masih berharap ini bule bisa ngomong bahasa indonesia.
ternyata harapn gw sirna. setelah satu kalimat terlontar dari mulutnya.
"which one the best ?"
ngiiiiiiiiiik. gw kaget dan panik. sumpah ini malu-maluin banget. and then i say, "maybe this"
dan bule itu pun nanya "why ?"
satu kata yang sebenernya gw harapkan gausah keluar. gw jawab "it feels hotter i think" (mulai resah)
"if you, which one do you like ?"
nah loh, segala nanya. rasanya mau nyautin, gw biasa pake minyak jelantah yang masih anget om.
dengan sotoynya gw ambil balsem lain dan bilang "if me, i prefer this"
eh si bule nanya lagi "why ?"  et dah nanya mulu kaya tamu.
gw jawab lagi "cause it feels hot, can for your muscle, mm pegel-pegel" suara gw diujung mulai menciut. (apa bahasa inggrisnya pegel-pegel ? aaah , kamus mana kamus)
bule itu sepertinya paham saat gw bilang 'muscle' jadi ga perlu denger yang ujungnya itu. hahaha.

si bule lagi asik dan serius baca keterangan di kemasan salah satu balsem yang dia pilih itu. trus dia ngomong "what it means ?" sambil nunjukin sebuah kalimat 'gigitan serangga'
dengan santainya gw bilang "oh, that's like a mosque" diam sejenak sambil mikir, kaya ada yang aneh sama omongan gw dan gw pun sadar "oh no, i mean mosquito" oneeeeeng. (getok pala pake kamus).
bulenya untung paham. 
gantian deh gw nanya "which one you want ?"
"i prefer two"
"two ?"
"yes, this's for me, this's for my mom"
"oh ya, okeeh" oh ada emaknya. untung ga diajak masuk. bisa silat gw ntar kalo dua-duanya ngajak ngobrol pake bahasa inggris.
bulenya ketawa. temen gw ketawa. gw pun ketawa juga akhirnya.

really bad. omejiiiii.
harus sering latian nih.
fufufu

0 komentar:

Posting Komentar