coming soon :)

Sabtu, 02 Februari 2013

alhamdulillah, jalan semakin terang. setidaknya Pak Hadi (kajur) sudah memberikan lampu hijau atas judul yang gw, apipah sama ka rendy ajuin. yaa meski masih perlu perbaikin latar belakang. tapi setidaknya udah disetujuin untuk melanjutkan proposal ini.

pengajuan judul skripsi di Farmasi Uhamka ada dua pembagian, kalo untuk tahun akademik gw. yaitu teknologi formulasi dan farmakologi klinis. untuk tahun sebelumnya ada tiga, tambahannya farmasi komunitas.
untuk teknologi formulasi, it's all about 'formulasi'. bentuk sediaan obat, kestabilan, bagaimana pengaruh penambahan zat A terhadap viskositas sediaan B, bagaimana sifat alir granul C dengan penambahan zat D, bagaimana ukuran partikel sediaan D dengan penambahan zat E dan lain-lain. cakupan teorinya ya semua mata kuliah yang berhubungan dengan bentuk sediaan, kaya Farmasetika, Semi Solid, Solid.
sedangkan farmakologi klinis,lebih ke uji aktivitasnya, efektivitasnya, toksisitasnya dan lain-lain. bidang farmakologi klinis identik dengan hewan uji seperti mencit, tikus, kelinci, ayam. untung kucing gak ada. (penggemar kucing soalnya gw). mata kuliah yang terkait mencakup farmakologi, imunologi, toksikologi, fitokimia.
kalo farmasi komunitas lebih ke olah data. misalnya data resistensi penggunaan obat A di Rumah Sakit B.di angkatan gw udah gak bisa ngambil skripsi ini. karna kita juga gak dapet mata kuliah yang berhubungan sama farmasi komunitas.

gw sendiri alhamdulillah aman-aman aja sih nilai di mata kuliah farmakologi klinis (farkol) sama teknologi formulasi (tekfor). tapi gw lebih tertarik ke arah tekfor, karena lebih bisa terjangkau lah insya allah. kalo ke arah farmakologi klinis agak berat (lambaikan tangan). terlalu luas cakupannya, menurut gw. tapi kalo untuk ilmu, lebih mantap farkol. lebih bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

gw, apipah sama ka rendy ambil skripsi arah tekfor.  alhamdulillah dapet partner Nurul Afifah. kebetulan gw sama dia emang udah deket dan kita mutusin buta skripsi bareng. alhamdulillah sampe sekarang semuanya aman terkendali. ada beberapa yang gw lihat, saat mutusin buat jadi satu tim biasanya ada aja hal yang menjadi masalah dalam tim itu. selisih pendapat, sensi itu pasti ada. tapi semua itu balik ke kitanya lagi. semoga akan terus tetep baik. satu lagi Ka Rendy, dia yang nawarin judul tentang formulasi ini. kita tertarik ikut karna konsep ka rendy tuh setengah mateng, tinggal dimatengin ajalah dikit. hhehe.

bismillahirrohmanirrohim.
target bulan Desember taun ini bisa wisuda, mudah-mudahan. semoga semua bisa terlaksana aman, tentram dan terkendali. semoga Allah melancarkan dan meridhoi. amin
mah, pak , doain desi yaa
:)

0 komentar:

Posting Komentar